Wednesday, October 12, 2011

Ketik Cepat Ala Ponsel Layar Sentuh

Tren Ponsel kini telah merambah pada kelas yang lebih canggih, publik pun menyebutnya dengan era ponsel touchscreen. selain memiliki layar yang lumayan lapang, ponsel dengan type seperti ini cocock bagi anda yang hobby akan sarana multimedia.

Namun kesemuanya berdampak pada beberapa perubahan yang sangat signifikan. Misalnya ketika anda hendak melakukan aktivasi pengetikan, update facebook atau follow twitter.
Kalau biasanya anda menggunakan Ponsel ber-Qwerty atau dengan tombol alfanumerik, kini harus dibiasakan dengan karakter keyboard virtual.

Ternyata untuk menyesuaikannya tak semudah yang dibayangkan, selain kerap salah memasukkan infut huruf/angka kenyamanan pengetikannya agak sedikit bergeser.

Misalnya anda harus fokus dan dengan kondisi tangan yang tak gemetar. Namun ada beberapa Tips atau trik yang dapat anda lakukan terkait hal tersebut. Nah, diantaranya adalah :

1. Gunakan Android Voice-to-Text
Fitur penerjemah atau pengenal suara ini dapat anda temui pada ponsel android versi 2.1 a.k.a eclair, atau yang rilis setelahnya.
Dengan ini anda dapat melakukan pengetikan namun dengan pemindaian suara yang secara otomatis dilakukan ponsel.
Caranya pun cukup mudah, anda tinggal menyentuh tanda microphone dijajaran bawah pada keypad virtual, atau dengan menyapu jari kearah kanan guna memunculkan box "speak now". Nah, kalau sudah muncul anda tinggal mengucapkan kata yang ingin anda ketik, secara otomatis sistem pun akan menterjemahkannya dan menampilkannya dalam bentuk tulisan. simple kan?

2. Optimalkan Google Voice
Fitur terbaru pendukung voice ini memang belum lama diluncurkan, namun kegunaannya dirasa sama dengan beberapa aplikasi diatas tadi. Namun hanya dapat digunakan pada android versi froyo (2.2) atau diatasnya. Fitur yang juga dikenal dengan Google Voice action ini mampu mengkombinasikan kemampuan pengenalan suara serta pencarian (Search).
Beberapa perintah yang cukup familiar pun dapat digunakan, semisal send text to, call, send e-mail to, navigate to, didirection to, dan map of. kelebihannya terletak pada beberapa perintah yang tak dapat digunakan aplikasi lain. misalnya note to self, go to dan listen to. fitur inipun dapat anda unduh gratis via android market.

3. Maksimalkan Jari dengan Fasilitas Swype
Aplikasi canggih ini telah diadopsi beberapa smartphone secara default. Cara menggunakannya anda tinggal menggeser jari pada papan virtual dari huruf ke huruf dan dari angka ke angka.
dikalim proses memasukkan input tulisan akan lebih cepat 30 persen. Namun sayangnya tidak semua ponsel android menyediakan fitur menarik ini, hanya ada beberapa yang menghadirkannya, dan kebanyakan yang telah disupport veersi froyo. Pada versi tertentu, anda pun bisa mendownloadnya via market.

4. Manfaatkan Fitur Prediksi Swiftkey
Sama dengan fitur prediksi T9 fitur ini dapat menebak kata yang hendak anda ketik. Tak hanya itu fitur dapat menebak sesuai dengan sinonim kata atau EYD yang telah ada atau terinstal pada ponsel.
Anda pun dapat menyimpan kata 'Favorit' anda dalam fitur ini.
jadi, Apbila lain kali anda ingin mengulang kata yang sama, maka fitur ini telah dengan cermat dapat menebaknya. Selain cukup cepat membantu proses pengetikan, pastinya anda akan tersenyum melihat beberapa katalog kata yang keluar ketika anda mengetikkan sebuah kata. cukup efisien bukan?

5. Pakai Vlingo
Nah, Kalo yang ini lebih canggih. Tak hanya membantu kemudahan anda dalam urusan ketik mengetik, tapi juga dapat mengintegrasikan semua yang anda butuhkan. Misalnya mencari nomor kontak, mengirim SMS atau E-mail, bahkan mencari situs web, ataupun mencari aplikasi via search. Dan fitur canggih inipun dapat diunduh gratis via android market. Aplikasi ini akan optimal bekerja pada ponsel android yang memiliki versi 2.1 atau  diatasnya.
Nah, ternyata memiliki ponsel berlayar sentuh tak sesulit yang dibayangkan bukan? bagi anda yang sudah terbiasa dengan hal ini, maka aktifitas ini akan menjadi sesuatu yang cukup menyenangkan. Terlebih anda dapat merubah karakter huruf maupun kata-kata sesuai dengan bahasa yang anda inginkan.
Semuanya pun dapat diperoleh dengan mudah di android market, serta ponsel yang tersedia dipasaranpun kebanyakan kini telah didukung versi froyo (2.2). Nah, jadi sepertinya kekhawatiran untuk memiliki ponsel berlayar sentuh tak beralasan. Selamat mencoba..

Sumber : Tabloid Pulsa edisi 218   



Baca juga Tips Trik Ponsel Yang lainnya :

  © Blogger templates Template by Ourblogtemplates.com edit by Jejak Cumi

Back to TOP