Monday, October 10, 2011

Tips Cerdas Memilih Smartphone

PERTENGAHAN tahun 2011 adalah saat yang tepat untuk membeli smartphone. Pilihannya yang cukup banyak, promo menarik dan discount juga ditawarkan dan harga semakin terjangkau. Kenalilah terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan anda dari Smartphone. Anda penyuka fitur kamera? atau penyuka fitur internet? atau anda penyuka fitur game? Hampir semua smartphone sudah memiliki fitur tersebut. Lalu smartphone apa yang cocok?

SISTEM OPERASI
Operating System (OS) adalah jantung dari sebuah Smartphone. Pertimbangan yang wajib menjadi tolak ukur dalam memilih smartphone. Sistem Operasi penting dalam menentukan pilihan smartphone apa yang cocok. Ada 5 Sistem operasi yang sangat populer di Indonesia adalah : Blackberr, Android, Symbian, window phone 7 dan juga iOS.

*BlackBerry. Apabila anda membutuhkan messaging, Chatting dan Email pilihan bisa jatuh ke   BlackBerry. karena hingga saat ini BlackBerry untuk Push Emailnya sangat bisa diandalkan. Didukung   dengan Keypad QWERTY-nya, tentu akan lebih membantu anda dalam menulis Email.
*Android. Apabila anda menyukai bermaca-macam aplikasi gratis, bisa mencoba sistem operasi Android.   Meskipun tersedia juga sistem aplikasi yang berbayar tetapi 70% aplikasi Android yang tersedia di   Market disediakan gratis. Pilihan smartphone-nya pun sekarang makin banyak dari mulai harga 1   jutaan hingga 6 jutaan.
*Symbian. Jika sebelumnya anda memang fanatik dengan brand Nokia dan ingin mencoba smartphone-nya,   maka sistem operasi yang anda pilih adalah Symbian. Dimana symbian adalah sistem operasi untuk   smartphone yang sudah lama digunakan oleh Nokia. Hingga saat inipun masik dikembangkan meskipun   tidak sepesat Android dan iOS.
*Window Phones 7. Anda tahu yang namanya sistem operasi pocket PC Atau Windows Mobile penerusnya   adalah Windows phone 7. window phones ini dikenal mempunyai tampilan yang sangat berbeda dengan   windows mobile 6.5. Sekarang window phones ini mulai bersaing dengan Android dan windows marketnya   dan multimedianya yang bisa dihandalkan.
*IOS. Jika anda mempunyai cukup dana, sistem operasi iOS bisa menjadi pilihan. Sistem operasi ini   ditanam dalam smartphone iPhone.Banyak aplikasi interaktif yang bisa di download dari Appstore.   Meskipun kebanyakan aplikasi ini berbayar tapi sampai saat ini untuk aplikasi sosial network, games  dan juga edukasi untuk anak-anak menjadi saingan terberat untuk Android. Fitur multimedianya pun   sangat menarik. Sayangnya harga iPhone terbaru hingga saat ini belum pernah mencapai dibawah 6   Juta.


FITUR-FITUR
Setelah memilih sistem operasi, sekarang kita coba menilik kebeberapa  fitur dari smartphone. Fitur juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih Smartphone. Berikut fitur-fitur wajib yang harus tersedia dalam smartphone :
*Messaging. Apabila memang kebutuhannya adalah messaging smartphone yang berbasis keypad QWERTY bisa  menjadi pilihan. karena memudahkan pengguna untuk bermessaging dan chatting dengan keypad QWERTY.   Tetapi kekurangan layar biasanya kecil dan resolusinya pun tidaklah tinggi.
*Layar.Apabila kebutuhannya untuk browsing kebutuhan layar besar juga penting. arena sebuah website   akan lebih nyaman dilihat dengan layar yang besar. Resolusi juga menjadi kebutuhan karena   kenyamanan  melihat layar semakin tinggi resolusi akan semakin nyaman.
*GAme. Kalu anda penyuka game, cobalah yang menggunakan layar besar minimal berukuran 3,5 inchi. Dan  akan lebih maksimal karena biasanya dengan layar besar support dengan fitur touch screen. untuk   smartphone dengan layar touch screen usahakan jenis layarnya adalah capacitive. karena jenis   Capacitive lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan jenis resistive. pada 
 layar jenis resistive biasanya akan diperlukan stylus pen karena ketika memilih dan mengeksekusi,   layar harus agak ditekan.
*Kamera.Jika foto-foto menjadi salah satu fitur penting. perhatikan resolusi kamera. Minimal   smartphone keluaran mulai dari tahun 2009 sudah mempunyai resolusi 2.0 MP. apalgi kalo sudah   support dengan fitur HD Recording. LED Flash juga penting untuk mengambil gambar di kondisi gelap.
*Hardisk.media penyimpan internal untuk beberapa smartphone sudah tersedia yang berkapasitas besar.   Tetapi aMemory card bisa diganti dengan kapasitas yang lebih besar.
*Koneksi. Fitur koneksi juga menjadi faktor penting. Pada zaman sekarang biasanya sudah support   dengan koneksi 3G/HSPA. juga dilengkapi dengan Bluetooth dan WiFi.

Terakhir adalah Dana, apabila anda mempunyai cukup dana, pilihan bisa jatuh ke brand besar seperti  samsung, Nokia, Sony Erricson, BlackBerry, HTC, LG, Apple iPhone dan lain-lain. Tetapi apabila dana terbatas cobalah Smartphone-smartphone brand dari china ataupun buatan lokal. Dengan harga terjangkau andapun bisa mendapatkan fitur-fitur yang cukup layak dari sebuah smartphone. Semakin tinggi spesifikasi smartphone yang akan dibeli dan akan semakin mahal harga jualnya.Terpenting dari semuanya, pastikan pilihan anda sesuai sesuai dengan dana dan kebutuhan.

Sumber : Tabloid Ponsel & Gadget, Edisi 154



Baca juga Tips Trik Ponsel Yang lainnya :

  © Blogger templates Template by Ourblogtemplates.com edit by Jejak Cumi

Back to TOP