Thursday, October 20, 2011

Tips Atasi Ponsel Symbian Error

Sudah tidak terhitung lagi ponsel symbian yang sudah dikeluarkan oleh vendor Nokia, mulai dari harga yg murah, sedang, atau mahal. namun jika ponsel yang anda miliki mengalami error, langkah-langkah berikut bisa anda ikuti :
  1. RESTART Ponsel anda. Tujuannya adalah untuk membersihkan memori ponsel dari aplikasi yang    berpotensi tidak berfungsi    dengan baik. Karena Smartphone merupakan    perangkat digital yang lebih kompleks dibandingkan    komputer.
  2. BACK UP data yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal ponsel. 
  3. Awasi aplikasi yang sedang aktif di ponsel dengan menekan dan menahan    tombol MENU kira-kira  2    detik, setelah itu pilih aplikasi yang yang    ingin dimatikan, kemudian tekan tombol C atau YES.
  4. Buang aplikasi yang tidak perlu lewat APP MANAGER, jangan lewat APLIKASI    X-PLORE. karena biasanya    kurang maksimal.
  5. Periksa kecukupan memori ponsel lewat APP MANAGER atau FILE MANAGER,    apabila sisa memori kurang      dari 2 MB maka anda harus menghapus file    atau memindahkannya ke memori eksternal dulu. Melakukan SOFT RESET dan HARD RESET. Sebelum melakukan Soft Reset dan Hard reset, pastikan dulu baterai ponsel    anda terisi penuh.       Karena jika ditengah proses format baterai habis,    maka ponsel akan rusak. lalu Back Up semua data    penting dari phonebook,    galeri photo, galeri video,sms, gambar dan lain-lain ke memori eksternal       supaya tidak terhapus.
  6. Untuk Soft Reset tekan *#7780# maka akan muncul pesan "Restore all phone setting? Phone will    Restart" masukkan kode yaitu (12345) jika masih    standar dan ponsel akan melakukan restart, dan    menghapus aplikasi dan    data tambahan. Tapi aplikasi bawaan tidak akan terhapus.
  7. Untuk Hard Restart tekan *#7370# terus masukkan kode 12345 (jika masih standard) maka ponsel akan    seperti  baru dibeli,,
  8. Cara berikutnya untuk menyegarkan ponsel secara penuh yang efeknya lebih    kuat dan bersih, yaitu :  a. Matikan ponsel lalu tekan tiga tombol bersamaan yaitu Tombol HIJAU untuk dial* dan tombol      angka  3. Lalu tekan ketiganya nyalakan ponsel lewat       tombol POWER jangan lepas semua tombol hingga muncul tulisan       "FORMATING".                                                                                        b. Proses akan berlangsung beberapa menit, tapi untuk acara ini kurang       maksimal di di beberapa ponsel symbian.
  9. Update firmwire lewat Nokia software updater
  10. http://www.nokia.co.uk/Av #a4226014 di situs tersebut tersedia update     firmware gratis.

Sumber : Tabloid Phone3 Edisi 153



Baca juga Tips Trik Ponsel Yang lainnya :

  © Blogger templates Template by Ourblogtemplates.com edit by Jejak Cumi

Back to TOP